Posted by: faiucy | March 4, 2012

SOSIALISASI DALAM PENDIDIKAN


Oleh : Hakiki Mahfuzh

Serius banget ni yech

Secara sederhana sosialisasi berarti mengarakan dan membimbing individu memasuki dunia sosial. Individu yang semula tidak mengenal kehidupan sosial di lingkungannya, diarahkan dan dibimbing agar mengenal dan memahami bahwa di luar dirinya terdapat kehidupan sosial yang lain.
Dalam perspektif Sosiologi Pendidikan, pengertian sosialiasi dimaknai agak berbeda dengan pengertian di atas. Ada beberapa pakar yang memberikan pengertian sosialiasi seperti berikut:

  1. Havighurst dan Neugarten : “Socialization is the process by which  children learn the ways of their society and make these ways part of their own personalities”. Sosialisasi merupakan proses dimana  anak-anak belajar berbagai cara hidup masyarakatnya dan menjadikan berbagai cara  hidup tersebut sebagai bagian dari kepribadian yang mereka miliki.
  2. GH Mead : “Taking over of another person’s habits, attitudes, and ideas and reorganizing of them into one’s  own system”. Mengambil alih kebiasaan, sikap dan idea-idea dari orang lain, dan menyusunnya kembali sebagai sistem dalam diri pribadinya.
  3. David Popenoe : “Socialization is the process by wich the culture of a group or society is taught to, and instilled or internalized in the individuals who live in that groups or society”.
  4. Buehler : Sosialisasi merupakan proses bantuan terhadap individu  melalui belajar dan penyesuaian diri, bagaimana cara hidup dan berpikir kelompoknya, agar dapat berperan dan berfungsi dalam kelompoknya.
  5. Thomas Ford Hoult : “Almost always  denots the process whereby individuals  learn to behave willingly in accordance with the prevailing standars of their culture, although occasionally used synonymously with learning, usually reserved for the type of learning that bears on  future role performance and that particularly involves group approval”. Proses sosialisasi adalah proses belajar individu untuk bertingkah laku sesuai dengan standar yang terdapat dalam kebudayaan masyarakatnya.
  6. R.S. Lazarus : The entire process of socialization, by means of which the child acquires the values and conduct patterns of the culture, is a process of accomodation, in which the child learns to inhibit and modify his impuls in favor of enviromental pressures, and develops new ones that are culturally determined.” Proses sosialisasi adalah proses akomodasi, dengan mana individu menghambat atau mengubah impuls impuls sesuai dengan tekanan lingkungan, dan mengembangkan pola-pola nilai dan tingkah laku yang baru sesuai dengan kebudayaan masyarakat.

Dari beberapa definisi tersebut di atas dapat ditarik kesimpulan yang terdapat di dalam sosialisasi sebagai berikut;

  1. Proses sosialisasi adalah proses belajar yaitu suatu proses akomodasi dengan mana individu itu menahan, mengubah impuls-impuls dalam dirinya dan mengambil oper cara  hidup atau kebudayaan masyarakatnya.
  2. Dalam proses sosialisasi itu  individu mempelajari  kebiasaan, sikap, idea-idea, pola-pola nilai dan tingkah laku, dalam masyarakat di mana dia hidup.
  3. Semua sifat dan kecakapan yang dipelajari dalam proses sosialisasi itu disusun dan dikembangkannya sebagai suatu kesatuan sistim dalam diri pribadinya.(Ahmadi, Sosiologi Pendidikan ,Rineka Cipta Jakarta 1991)

 Tujuan utama sosialisasi adalah membentuk kepribadian yang baik dalam diri individu yang melakaukan sosialisasi. Kepribadian yang manifestasinya berujud tingkah laku dapat dicapai melalui 3 cara, yaitu

  1. Seseorang mendapatkan bayangan dirinya (self image)
  2. Mementuk kedirian yang ideal dengan menyeleksi bayangan diri yang diperoleh dari sosialisasi
  3. Membangun ego (hati nurani) sebagai pengontrol dalam membangun kepribadian …. (to be continued)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: