Posted by: faiucy | February 5, 2012

An Overview on Philosophy of Education


Filsafat dan Filsafat Pendidikan

Oleh : Hakiki Mahfuzh

Braunners dan Burus mengemukakan bahwa “Filsafat dan Pendidikan tidak dapat dipisahkan, karena tujuan akhir dari pendidikan merupakan tujuan filsafat”. Begitu juga Henry Nelson dan Henry menulis “Tidak ada ide atau konsep pendidikan tanpa latar belakang pemikiran filsafat, apa yang akan dituju oleh pendidikan, adalah tergantung pada nilai-nilai filsafat”

Dalam Democracy and Education John Dewey berpendapat bahwa FILSAFAT PENDIDIKAN adalah : A general theory of Education. Sedang Imam Barnadib (Filsafat Pendidikan : Pengantar Mengenai Sistem dan Metode) menulis bahwa filsafat pendidikan adalah : Ilmu pendidikan yang bersedikan filsafat atau filsafat yang diterapkan dalam usaha pemikiran dan “penyelesaian” masalah pendidikan.

Omar Muhammad Al Taumi Al Syaebany (Falsafah al Tarbiyah al Islamiyyah) berpendapat bahwa Filsafat pendidikan adalah : Pelaksanaan pandangan falsafah dan kaedah falsafah dalam bidang pendidikan. Selanjutnya Al-Syaebany mengatakan bahwa filsafat pendidikan merupakan “Aktivitas pikiran yang teratur yang menjadikan filsafat itu sebagai jalan untuk mengatur, menyelaraskan, dan memadukan proses pendidikan”.

Dus dengan demikian, Filsafat Pendidikan pada hakekatnya merupakan konsep berfikir tentang kependidikan yang bersumberkan kepada filsafat. Oleh karena itu juga Brubacher mengemukakan bahwa filsafat merupakan tongkat (guidepost) yang dapat membimbing proses pendidikan menuju tujuan yang ingin dicapai.

 Beberapa Masalah Pendidikan
yang Membutuhkan Pemikiran Filsafat

Tesa beberapa ahli tetang hubungan filsafat dengan pendidikan merupakan justifikasi terhadap persoalan atau masalah yang terdapat di dalam pendidikan yang tidak kesemuanya dapat diselesaikan dengan ilmu pengetahuan. Diantara masalah tersebut adalah ;

  1.  Masalah utama yang mendasar adalah apakah hakekat pendidikan itu ? Mengapa pendidikan itu diterapkan pada manusia ? Apa pula hakekat manusia itu ? Bagaimana hubungan pendidikan dengan hidup dan kehidupan manusia ?
  2.  Apakah pendidikan itu berguna bagi kehidupan manusia ? Apakah potensi hereditas yang menentukan kepribadian manusia itu atakah faktor-faktor yang berasal dari luar ?
  3.  Apakah sebenarnya tujuan pendidikan itu ? Apakah pendidikan itu untuk individu atau untuk kepentingan masyarakat ?
  4.  Siapa hakekatnya yang bertanggung jawab terhadap pendidikan itu ? dan sampai dimana tanggung jawab tersebut ?
  5. Apakah hakekat pribadi manusia itu ? Manakah yanag lebih utama untuk dididik akal, perasaan ataukah kemauannya ?
  6.  Apakah isi kurikulum yang relevan dengan pendidikan yang ideal dan lain-lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: